SlashKids.Blogs

All About ROCK'S...!!!

  • Welcome Message

    Welcome's to my blog guys....!!!! Blog ini gw dedikasikan untuk semua pecinta musik Rock alias para Rocker yang ada di indonesia. Tanpa bermaksud menggurui, disini gw cuma pengen berbagi aja tentang semua hal yg berhubungan dengan musik Rock terutama mengenai perangkat gitar. dan gw berharap blog ini dapat lebih membantu dan bermanfaat untuk membangkitkan kembali musik Rock yg bisa gw bilang "Sedang Sekarat"..... THX........

Penggunaan Modes

Posted by X-Blogs On 14.09

di segment sebelumnya kita sudah mengenal apa itu Modes dan apa kegunaannya di segment ini kita akan memahami bagaimana rumus penggunaan modes
  • Ionian C : 1,1,1/2,1,1,1
  • Dorian D : 1,1/2,1,1,1,1/2
  • Phrygian E: 1/2,1,1,1,1/2,1
  • Lydian F : 1,1,1,1/2,1,1
  • Mixolydian G : 1,1,1,1/2,1,1
  • Aeolian A : 1,1/2,1,1,1/2,1
  • Locrian B: 1/2,1,1,1/2,1,1

Sebagai contoh D Phrygian , hati2 bahwa sebenarnya ini sama sekali TIDAK MIRIP dengan D minor,Major scale ataupun variasinya .

Lo juga bisa menyusun setiap mode dengan nada dasar D sebagai contoh :
  • D Phrygian : berarti memainkan scale Bb Mayor mulai dari mediantnya (D)
  • D Lydian : berarti memainkan Scale A major dari sub dominantnya (D)
  • D Mixolydian : berarti memainkan scale G major dari dominantnya (D)
  • D Aeolian : berarti memainkan scale F major mulai dari sub mediatnya (D)
  • D Locrian : berarti memainkan scale Eb(B) major mulai dari sub tonicnya (D)
Sedikit kutipan:
mengenal mode sangat berguna buat lo untuk  menguasai permainan dan pembentukan kord lainnya , tapi kalo buat yang masih pemula kayak gw kayaknya ga harus dikuasai dari awal deh.  Ya sekedar cukup hanya mengenal mode dan bentuknya aja. Karena KEMUNGKINAN BESAR lo ga akan MENGGUNAKANNYA dalam permainan awal lo sebagai Musisi ( termasuk gw bro.....) kecuali klo lo pengen bikin sebuah solo gitar yang lain dari biasanya kayak solo2 gitaris dunia gitu. Tapi ya tergantung lo juga sih klo memang tetep pengen maeninnya atau nggak. Tapi INGET buat pemula gw saranin cukup untuk mengenal dan mengetahui apa mode tersebut karena kalo dipikir lebih jauh bakal sedikit bikin pusing di awal2 ( termasuk gw waktu pertama kali kenal sama yang namanya Mode).

Categories: