SlashKids.Blogs

All About ROCK'S...!!!

  • Welcome Message

    Welcome's to my blog guys....!!!! Blog ini gw dedikasikan untuk semua pecinta musik Rock alias para Rocker yang ada di indonesia. Tanpa bermaksud menggurui, disini gw cuma pengen berbagi aja tentang semua hal yg berhubungan dengan musik Rock terutama mengenai perangkat gitar. dan gw berharap blog ini dapat lebih membantu dan bermanfaat untuk membangkitkan kembali musik Rock yg bisa gw bilang "Sedang Sekarat"..... THX........

Dominant Chord

Posted by X-Blogs On 13.03

progresi chord ini biasanya sering dipakai oleh gitaris jazz dan gitaris dunia dalam membentuk suatu improvisasi dan harmoni sebagai contoh akor C7,A7 itu merupakan rumus dasar dari akor pembentukan jazz ( walaupun alhamdulillah saya ga ngerti jazz hehehehe........ ) tapi bentuk progres ini dalam solo gitaris dunia kurang sering dipakai kecuali sedang membentuk lagu jazz.
Dan biasanya dominant kord sendiri sangat jarang dipakai musisi2 indonesia yang terkenal sekarang karena cenderung aliran ke aliran pop melayu yg biasanya dipakai mayor chord. Tapi terserah lo mau mempelajari ini atau tidak tetapi jujur gw kurang mengerti dan pandai dalam akor2 jazz. Jadi harap maklum kalo cuma segini doang yang bisa gw kasih tentang dominan chord

Root C

C7          : dibentuk karena terjadi penambahan nada 7 dari root yang diturunkan 1/2
Formula  : 1-3-5-7b ( C-E-G-Bes )

C7sus     : dibentuk karena terjadi penambahan nada ke 4 dan ke 7 dari root yang sudah diturunkan 1/2 nada Formula   : 1-4-5-7b ( C-F-G-bes )

C9           : dibentuk karena terjadi penambahan dua notasi yaitu notasi 7 dari root yang sudah diturunkan 1/2                  nada dan penambahan notasi 9 dari root ke 2, 
Formula   : 1-3-5-7b-9 (c-e-g-bes-d )

dan yang ini biasa dipakai dalam solo gitaris dunia seperti arpeggio

Cdim (diminished)  :  dibentuk karena terjadi penambahan nada 3b,5b,7bb, 1-3-b-5b-7bb(6)
Formula                 :  (C-Es-Ges-A)

Caug (augmented): dibentuk karena terjadi penambahan nada ke 5 yang dinaikkan 2/1 nada 1-3-5-5# Formula                 :  (C-E-Gis)

dan hanya segini lah yang bisa gw tuliskan karena hanya ini yang gw tahu. Tapi semua kord diatas bisa di pecah2 seperti add2, penambahan nada ke 5,9,7,9-11 dan banyak lagi .
Jika ada salah dan pertanyaan please contact me karena saya juga orang biasa dan bukan gitaris2 dunia jadi pasti punya kesalahan.

Mari Berkarya dan berkreatifitas sesuai dengan Genre/ idealisme yg kita pikirkan dan tidak monoton seperti sekarang ini.

Categories: