Church Modes atau biasa disebut dengan modes adalah suatu metode dalam pembentukan scale maupun chord . nama dari 7 mode ini adalah Ionian , Dorian , Phrygian , Lydian , Mixolydian , Aeolian dan Locrian sebagai contoh Ionian dipakai dalam pembentukan Major Scale ( root C) sementara Aeolian dipakai dalam pembentukan Minor scale ( Root A )
Asal mula dari kata Church modes berasal dari yunani kuno. Sistem Mode ini bisa kita kenal sebagai penemuan peradaban yunani kuno. ketika pertengahan tahun , ini dibuat oleh para jemaat kristen di gereja yunani yang di dominasi musik barat dalam ratusan tahun . seperti diatonic scales setiap 7 mode di kompres kedalam 8 nada yang dimulai dari nada dasar sebagai oktaf nya
Nada yang digunakan semua mode sama persis dengan tuts putih dalam piano atau keyboard yang dimulai dari Nada C major scaleLo pasti mikir mode apa saja yang udah lo pake ? . ada 2 alasan
dalam pertanyaan tersebut . Pada mulanya , mode bisa dikatakan sebagai campuran dari beberapa pitch dan nada , bukan sebagai campuran relasi dari interval dalam
penggunaan modern , tetapi sudah ditafsirkan bahwa mode adalah proses
pembentukan scale dan mengandung beberapa interval . dengan itu dapat
memungkinkan bahwa mode bisa dibuat dalam beberapa kunci membuat 7 tipe
scale yg baru , dengan karakteristik yang berbeda beda
bisa dibilang lebih gampangnya Modes adalah cara membuat dan Scales/Chord adalah hasilnya.
bisa dibilang lebih gampangnya Modes adalah cara membuat dan Scales/Chord adalah hasilnya.
Sebagai contoh dalam C Major Mode : C,D,E,F,G,A,B,C(OKTAF)
- C Major (ionian) : C,D,E,F,G,A,B,C(OKTAF)
- D Dorian (second) : D,E,F,G,A,B,C,D(OKTAF)
- E Phrygian (third) : E,F,G,A,B,C,D,E(OKTAF)
- F Lydian (fourth) : F,G,A,B,C,D,E,F(OKTAF)
- G Mixolydian (fifth): G,A,B,C,D,E,F,G(OKTAF)
- A Minor (Aeolian) : A,B,C,D,E,F,G,A(OKTAF)
- B Locrian (seventh) :B,C,D,E,F,G,A(OKTAF)
Singkatnya bisa dibilang
Nada Pertama C disebut Tonic - Ionian
Nada Kedua D disebut Supertonic -Dorian
Nada Ketiga E disebut Mediant - Phrygian
Nada keempat F disebut Sub-Dominant - Lydian
Nada kelima G disebut Dominant - Mixolydian
Nada Keenam A disebut Sub-Mediant - Aeolian
Nada ketujuh disebut Sub-tonic untuk (Bb) dan leading Note (B) - Locrian
Mari Berkarya dan berkreatifitas sesuai dengan Genre/ idealisme yg kita pikirkan dan tidak monoton seperti sekarang ini