SlashKids.Blogs

All About ROCK'S...!!!

  • Welcome Message

    Welcome's to my blog guys....!!!! Blog ini gw dedikasikan untuk semua pecinta musik Rock alias para Rocker yang ada di indonesia. Tanpa bermaksud menggurui, disini gw cuma pengen berbagi aja tentang semua hal yg berhubungan dengan musik Rock terutama mengenai perangkat gitar. dan gw berharap blog ini dapat lebih membantu dan bermanfaat untuk membangkitkan kembali musik Rock yg bisa gw bilang "Sedang Sekarat"..... THX........

Church Modes

Posted by X-Blogs On 13.33


Church Modes atau biasa disebut dengan modes adalah suatu metode dalam pembentukan scale maupun chord . nama dari 7 mode ini adalah Ionian , Dorian , Phrygian , Lydian , Mixolydian , Aeolian dan Locrian sebagai contoh Ionian dipakai dalam pembentukan Major Scale ( root C) sementara Aeolian dipakai dalam pembentukan Minor scale ( Root A )

Asal mula dari kata Church modes berasal dari yunani kuno. Sistem Mode ini bisa kita kenal sebagai penemuan peradaban yunani kuno. ketika pertengahan tahun , ini dibuat oleh para jemaat kristen di gereja yunani yang di dominasi musik barat dalam ratusan tahun . seperti diatonic scales setiap 7 mode di kompres kedalam 8 nada yang dimulai dari nada dasar sebagai oktaf nya
 
Nada yang digunakan semua mode sama persis dengan tuts putih dalam piano atau keyboard yang dimulai dari Nada C major scaleLo pasti mikir mode apa saja yang udah lo pake ? . ada 2 alasan dalam pertanyaan tersebut . Pada mulanya , mode bisa dikatakan sebagai campuran dari beberapa pitch dan nada , bukan sebagai campuran relasi dari interval dalam penggunaan modern , tetapi sudah ditafsirkan bahwa mode adalah proses pembentukan scale dan mengandung beberapa interval . dengan itu dapat memungkinkan bahwa mode bisa dibuat dalam beberapa kunci membuat 7 tipe scale yg baru , dengan karakteristik yang berbeda beda
bisa dibilang lebih gampangnya Modes adalah cara membuat dan Scales/Chord adalah hasilnya.
 
Sebagai contoh dalam C Major Mode : C,D,E,F,G,A,B,C(OKTAF)
  • C Major (ionian) : C,D,E,F,G,A,B,C(OKTAF)
  • D Dorian (second) : D,E,F,G,A,B,C,D(OKTAF)
  • E Phrygian (third) : E,F,G,A,B,C,D,E(OKTAF)
  • F Lydian (fourth) : F,G,A,B,C,D,E,F(OKTAF)
  • G Mixolydian (fifth): G,A,B,C,D,E,F,G(OKTAF)
  • A Minor (Aeolian) : A,B,C,D,E,F,G,A(OKTAF)
  • B Locrian (seventh) :B,C,D,E,F,G,A(OKTAF)

Singkatnya bisa dibilang
Nada Pertama C disebut Tonic - Ionian
Nada Kedua D disebut Supertonic -Dorian
Nada Ketiga E disebut Mediant - Phrygian
Nada keempat F disebut Sub-Dominant - Lydian
Nada kelima G disebut Dominant - Mixolydian
Nada Keenam A disebut Sub-Mediant - Aeolian
Nada ketujuh disebut Sub-tonic untuk (Bb) dan leading Note (B) - Locrian


Mari Berkarya dan berkreatifitas sesuai dengan Genre/ idealisme yg kita pikirkan dan tidak monoton seperti sekarang ini

Categories: